Slider

video

Tarikh Khulafa

Ekspansi Militer

Khalifah

Event

Sejarah

Gallery

» » TETANG AL-HANIF





Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, shalawat dan salam semoga selalu tercurah limpah kepada Nabi Muhammad Shallallahu `Alaihi wa Sallam, dan orang-orang yang mengikuti beliau hingga akhir zaman. Amin.

Sesungguhnya menegakkan Islam di muka bumi ini adalah kewajiban dan tugas setiap muslim. Sebagaimana Allah perintahkan kepada hamba-Nya untuk menyerukan islam kepada sekalian manusia dengan berbagai jalan dan cara yang diridhai Allah Ta`ala. Tidak lain agar manusia menghambakan diri hanya kepada Allah dan terhindar dari segala macam noda-noda kesyirikan.

Melihat kondisi umat islam yang semakin jauh dari ajaran islam, ditambah lagi dengan makar-makar musuh islam yang selalu meyerang dari arah kiri dan kanan, atas dan bawah karena tidak ridha dengan kejayaan islam dan umatnya. Musuh-musuh islam tidak hanya memperburuk kehidupan jasmani dan materi kaum muslimin namun lebih-mereka memperburuk kehidupan rohani dan akidah umat islam dengan istilah "Ghazwul Fikr". Terlebih kaum pemuda generasi harapan umat yang telah banyak terpengaruh pemikiran ediologi dan kehidupan gaya barat sehingga akan merusak citra islam, serta banyak termakari baik berupa amaliyah maupun keyakinan. Melihat kondisi yang seperti ini maka menutut para da'i dan orang-orang yang peduli akan nasib saudara seimannya untuk saling bahu membahu dalam mengantisipasi dan menanganinya demi kejayaan islam dan kaum muslimin "Izzul Islam wal Muslimin".

Sekilas selayang pandang tentang Al-Hanif.

Pada kondisi dan fenomena yang sangat kritis yang sangat jauh dari nilai-nilai islam dan kemerosotan kaum muslimin baik dari segi amaliyah, akidah, ediologi, dan prinsip terdapat segolongan manusia dari umat islam yang senantiasa berada diatas kebenaran dan berdakwah di jalan Allah, dengan menyeru kepada yang ma`ruf dan melarang dari kemungkaran, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam: 

Akan senantiasa ada segolongan dari umatku yang selalu dalam kebenaran menegakkan perintah Allah, tidak akan mencelakai mereka orang yang tidak menolongnya dan orang yang menyelisihinya sampai datang perintah Allah dan mereka tetap di atas (kebenaran) yang demikian itu.” (HR.  Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu kami selaku bagian dari umat islam yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir merasa ikut terpanggil untuk memikul tanggung jawab dengan menjadikan Al-Hanif (kelompok study club) sebagai sarana untuk mengemban amanah Ilahi tersebut, Allah berfirman:

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik". (Ali Imran :110)

Al-Hanif  adalah sebuah komunitas kelompok belajar yang didirikan pada tahun 1996 oleh beberapa mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir asal Indonesia dan masih eksis sampai sekarang  dengan keanggotaan tanpa memandang latar belakang kebangsaan, daerah, suku, dan ras, maupun almamater asal sekolah. Beranggotakan kurang lebih 50 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Al-Azhar asal Indonesia, dengan beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam mingguan, bulanan, dan insidental semuanya dikemas dalam diskusi, kajian kitab, dan lain-lain. 

Beberapa Tujuan Al-Hanif :

1. Menyeru manusia untuk beribadah hanya kepada Allah semata.
2. Mengajak Umat Islam untuk meniti jalan Islam yang bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah dengan pemahaman salafus shalih.
3. Mengingkatkan keilmuan serta wawasan Islam.
4. Membantu kaum muslimin dalam membendung gerakan pemikiran-pemikiran yang salah dan melenceng dari nilai-nilai Isla.
5.Ikut andil dalam menyongsong kejayaan Islam dan kaum muslimin.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply