Slider

video

Tarikh Khulafa

Ekspansi Militer

Khalifah

Event

Sejarah

Gallery

» » » Ekspansi Militer Ke Negara-negara Timur Pada Masa Khalifah Utsman bin Affan (bagian2)

Letak Armenia
Oleh: Ahmad Althof
  1. Ekspansi militer ke Armenia
Ketika komandan Walid bin Uqbah telah selesai urusannya di Azerbaijan dan kembali ke Mosul datang kepadanya surat dari Kholifah utsman bin affan yang isinya memerintahkan untuk memberikan bantuan bala tentara kepada kaum muslimin Syam yang sedang melawan kaum musyrikin romawi. Seketika itu Walid bin Uqbah mengutus Salman bin Rabia al-Bahali dengan 8000 pasukan bersamanya atau dalam riwayat lain 6000 pasukan.
Maka berangkatlah pasukan Kufah yang dipimpin oleh Salman bin Rabia Al-bahali ke Armenia untuk membantu pasukan dari Syam yang dipimpin oleh Hubaib bin Maslamah, dan peperangan pun berakhir dengan kemenangan kaum muslimin dan banyak memperoleh ghanimah.
Dalam riwayat lain disebutkan bahwa sebelum sampainya pasukan Salman ke Armenia pasukan Hubaib telah berhasil menaklukan Romawi di sungai Eufrat.
  1. Penduduk Azerbaijan kembali memberontak
Setelah selesainya urusan di Azerbaijan dan Armenia, Walid bin Uqbah kembali ke Kufah, namun setelah kembalinya Walid ke Kufah, musyrikin Azerbaijan kembali memberontak kepada pemerintahan islam yang pada waktu itu dipimpin oleh Asy'at bin qais.
Maka Asy'at pun mengirimkan surat kepada Walid atas pemberontakan yang kesekian kalinya ole musyrikin Azerbaijan. Maka Walid pun memberikan perintah untuk memerangi mereka dengan memberikan bantuan pasukan dari Kufah, dan kemenangan pun kembali diperoleh oleh kaum muslimin.

Setelah kekalahan yang diperoleh oleh pemberontak Azerbaijan merekapun meminta perjanjian damai kembali dibuat. Takut akan terjadinya pemberontakan kembali maka dibuatlah kantor khusus para da'I dari Arab agar berdakwah ditempat tersebut.
Akan tetapi setelah pergantian pemimpin oleh Sa'id bin Ash di Azerbaijan , pemberontakan pun kembali tak terelakkkan, dan dikirimlah Jarir bin Abdullah Al-Bujili untuk memerangi mereka sehingga pimpinan mereka tewas, dan dakwah islam pun kembali disebarkan hingga banyak penduduk Azerbaijan masuk islam dan mempelajari al-Qur'an.
  1. Penaklukkan kembali Thobaristan oleh Said bin Ash 30 H
Ditahun 30 hijriyah said bin Ash dari Kufah ingin melakukan ekspansi ke khurosan, dengan membawa pasukan dan bersamanya juga: Hasan, Husein, Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amru bin Ash dan Abdullah bin zubair.
Diwaktu yang sama Abdullah bin Amir juga melakukan ekspansi ke khurosan dan bahkan telah tiba lebih dahulu di kota abar syahr. Mengetahui hal itu maka said bin ash mengarahkan pasukannya menuju Qumish salah satu wilayah di Thobaristan yang sebelumnya telah mengadakan perjanjian damai kepada umat islam oleh hudzaifah bin yaman setelah penaklukan nahawan pada masa Umar bin Khattab, kemudian pasukan menuju jorjan dan disana melakukan perjanjian damai dengan menyerahkan upeti sebesar 200.000 dirham, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ko ta pesisir pantai yaitu di Thomisah, peperangan sengit terjadi disini sampai said bin ash melakukan solat khouf, setelah sebelumnya meminta pendapat kepada huzaifah tentang sholat nabi SAW ketika dalam keadaan perang. Dan pada akhirnya kemenangan kembali kepada umat islam dan Thobaristan pun kembali dikuasai oleh umat islam.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply