Slider

video

Tarikh Khulafa

Ekspansi Militer

Khalifah

Event

Sejarah

Gallery

» » seorang pemuda yang bermalam di syurga

seorang pemuda yang bermalam di surga
Add caption
Allah berfirman;  
( “ Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tuamu. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai usia lanjut dalam pemeliharaanmu.”) QS. Al-isra’ 23

Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam bersabda;        

( “ Orang tua adalah pintu surga yang paling tengah( paling baik). Jika engkau mau, sia-siakan saja pintu itu atau engkau akan menjaganya.”) HR. Imam At- tirmidzi


“ Sebutlah ada kisah lima orang buruh yang bekerja  keras di kota karena sempitnya kehidupan dikampung mereka yang kecil. Setiap libur akhir pekan, mereka pulang ke keluarga mereka masing-masing untuk menghabiskan waktu libur yang berbahagia, kecuali salah seorang dari mereka.        
    Begitu matahari mulai tenggelam, sore hari datang menjelang dan selepas menunaikan shalat maghrib, pemuda yang satu ini segera pulang ke kampung dan bermalam disana bersama keluarganya. Kemudian keesokan paginya ia berangkat ke sebuah kota tempat ia bekerja. Teman-teman kerjanya mencemooh tindakannya. Mereka berkata, “ Mengapa engkau menyusahkan diri diluar kemampuanmu dan bolak balik setiap hari menempuh perjalanan panjang hanya untuk bermalam bersama keluargamu, padahal engkau belum punya istri dan anak  .”
       Pemuda ini pun kemudian berkata kepada mereka, “ Sesungguhnya aku berangkat setiap sore agar aku bisa bermalam di surga.”      
        Setelah si pemuda mengatakan begitu, kemudian para teman-teman kerjanya menertawainya dan lantas berkata, “ Sebelumnya kami memandangmu sebagai orang yang pintar. Barang kali di kesendirianmu itu mempengaruhi dirimu, pergilah kamu ke dokter untuk memeriksakan dirimu, barang kali kamu bisa sembuh dengan izin Allah.”
          Pemuda tadi dicemooh itu pun berkata.” Mengapa kita tidak mengangkat seorang hakim untuk memecahkan permasalan diantara kita yang mungkin saja membenarkan diriku atau menyalahkannya?”           
            Maka, seketika itu merekapun berangkat ke masjid untuk menemui seorang imam yang terkenal di kota itu dan mereka pun menceritakan persoalan yang menimpa mereka kepada imam masjid itu. Lantas Imam masjid tadi seraya berkata kepada mereka, “ Apa persoalanmu wahai anak muda?.” Sang pemuda tadipun bercerita, “ Aku adalah seorang pemuda, anak satu-satunya bagi kedua orang tuaku. Dan aku pun satu-satunya anggota keluarga mereka. Oleh karena itu, apabila aku telah selesai dari pekerjaanku dan aku melihat matahari mulai tenggelam, maka aku pun bergegas untuk melaksanakan kewajibanku terhadap Allah dan setelah itu aku pun sesegera mungkin pulang ke kampung halamanku dengan bertawakkal kepada Allah. Sesesampai tiba di rumahku aku pun mendapati kedua orang tuaku sudah selesai makan malam dan tidur sementara waktu hingga mencapai tengah malam, aku pun istirahat dan kemudian aku memakai baju tidurku dan setelah itu aku teruskan dengan tidur dibawah telapak kaki mereka.
            Pada pagi harinya aku membangunkan keduanya untuk melaksanakan shalat. Kemudian aku menyiapkan sarapan serta air wudhu dan membereskan seluruh keperluan mereka. Kemudian dengan rasa bersyukur kepada Allah, aku pun kembali ke kota untuk bekerja secara lahir batin dan aku pun merasa telah melewati Surga.”       
              Maka, setelah si pemuda itu telah selesai menceritakan persoalannya, lantas sang imam pun berkata,” Demi Allah, sungguh benar sahabat kalian ini. Bahwasannya telah ada  suatu hadits dari Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam tentang “ Surga itu dibawah telapak kaki ibu.” Setelah itu sang imampun berkata kepada mereka,” Selamat bagi sahabat kalian karena kebaktiaannya terhadap kedua orang tuanya.” Itulah sedikit ceritanya, dan semoga bisa di ambil hikmahnya. 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply